CARA MEMPERBAIKI DATA SISWA YANG INVALID MENERIMA DANA BOS

cara memperbaiki data siswa yang invalid menerima dana bos

Ada beberapa permasalahan yang terkait dengan dana bansos BOS. Kali ini saya akan berbagi pengalaman kepada para operator khususnya yang masih pemula tentang cara memperbaiki data siswa yang belum valid (invalid) dan tidak bisa menerima dana BOS, KIP, maupun BSM.

Biasanya data yang Invalid itu di karenakan singkron dari akun dapodik yang sudah melebihi batas waktu Cut Off. Jadi pastikan jika Anda melakukan singkron data jangan sampai di minggu akhir dari batas waktu cut off, Kenapa? karena jika terjadi kesalahan pada data, Anda bisa membetulkan kembali data dari dapodik dan masih bisa singkron kembali. Jika Anda melakukan singkron sebelum batas waktu cut off tetapi masih menemui data siswa yang invalid ada beberapa kesalahan yang harus diperbaiki kembali diantaranya:

  1. NISN siswa
  2. Prasarana terutama rombel
  3. Wali kelas
  4. Jumlah siswa dengan jumlah guru

Jika Anda merasa bahwa beberapa data tersebut diatas sudah valid sebelumnya semua itu belum tentu valid jika di monitor dari aplikasi yang berbeda. Seperti pada kasus yang saya alami adalah berbeda, data yang saya imput dalam akun dapodik tidak menunjukkan error artinya ketika data yang mau saya singkron semua sudah fix. Pada akun verval PD tidak ada data yang invalid sama sekali. tetapi anehnya ketika pencarian dana BOS ada beberapa siswa yang tidak bisa menerima bansos tersebut di karenakan datanya masih invalid. Lantas bagaimana saya bisa melihat longlist data siswa yang invalid tersebut?

Berikut cara melihat data siswa yang tidak bisa menerima BOS dan cara memperbaikinya kembali.

Anda harus mengunjungi web portal BanSos http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/ ⇒ Login dengan akun masing-masing operator (Login dengan akun SDM/ login dengan akun Operator) ⇒ Pada dasbor bansos scroll kebawah Anda akan melihat rekapitulasi data siswa tersebut. Lihat gambar dibawah

Nah dari contoh data tersebut dapat kita lihat bahwa yang belum valid masih ada 14 siswa yakni NISN pada siswa kelas 10. Selanjutnya klik pada tab data siwa untuk mengetahui siapa nama siswa yang belum valid NISN nya tersebut. Lihat gambar di bawah:

Setelah mengetahui nama data siswa yang invalid NISN nya segera lakukan perbaikan melalui portal verval PD https://sso.data.kemdikbud.go.id/ login dengan akun operator masing-masing.

Klik pada tab edit data ⇒ Pengajuan ⇒ NISN ⇒ pilih nama yang akan di ubah NISN nya ⇒ sertakan dokumen ijazah sebagai bukti.

Lihat perubahan di akun dapodik jika sudah berubah singkron kembali. Semoga membantu.

Jika ada pertanyaan silahkan komen OK.

Administrator FOPPSI Kota Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.