KAMI ADALAH PEKERJA PROFESIONAL, BUKANLAH PEKERJA KASAR ATAU MUSIMAN YANG DENGAN SEMAUNYA SAJA DITEPIKAN – KERJA KITA PRESTASI BANGSA

Kami adalah pekerja profesional, bukanlah pekerja kasar atau musiman yang dengan semaunya saja ditepikan - KERJA KITA PRESTASI BANGSA
Kepada yang terhormat, bapak dan ibu kepala sekolah semua jenjang, dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, mohon untuk tidak memperlakukan petugas yang diberikan tanggung jawab mengelola data pokok pendidikan seperti buruh kuli bangunan atau pekerja kasar lainnya yang bisa diperlakukan dengan diberhentikan dengan semau-maunya berdasarkan keinginan atau keputusan sepihak tanpa melalui diskusi atau pembicaraan yang mendasari dan melatarbelakangi keputusan tersebut.
 
Dengan rendah hati kami mengakui bahwa saat ini pekerjaan itu hanya berdasarkan kebutuhan sekolah dan bisa menunjuk siapa saja petugas yang dipercaya oleh bapak dan ibu kepala sekolah dengan cukup hanya sk yang bisa dicabut dan atau diterbitkan dan tidak memiliki kekuatan hukum yang kuat karena di SK tersebut juga ada pernyataan yang membuat petugas yang ditunjuk dalam posisi lemah.
 
Namun mohon untuk menghargai dan memberikan rasa nyaman bagi petugas yang telah ditunjuk yang di antara mereka masih banyak tenaga honorer yang bekerja dengan ikhlas untuk merawat dan memelihara data selama ini, maka sangatlah perlu untuk memperlakukannya dengan perlakuan yang manusiawi dan nyaman di hati. Kebijakan yang menyejukkan hatilah yang diharapkan, karena kami sadari bahwa kami hanya segelintir saja di antara puluhan, ratusan atau ribuan pegawai yang telah resmi kedudukannya, sedangkan kami masih belum memiliki status hukum yang jelas tentang status pekerjaan kami dan daya tawar yang kami miliki pun belum seberapa.
Namun perlu diketahui bahwa walaupun kami hanya segelintir, tapi bila kami bersama-sama secara serempak untuk tidak melakukan pekerjaan yang ditugaskan tersebut, bisa jadi akan menjadi masalah bagi kita semua. Namun kami tidak akan melakukan itu karena kami sangat menghargai dan menghormati pemberi tugas dan juga karena kami sangat ingin memberikan yang terbaik untuk institusi dan dunia pendidikan dan kami selalu berusaha profesional dan tidak melakukan mogok secara nasional untuk tidak mengerjakan dan melakukan proses pendataan, karena bila itu kami lakukan, tentu akan mempengaruhi data secara nasional di bidang pendidikan dan banyak segi yang akan terindikasi terhambat dan kami tidak rela bila itu terjadi. Kami tetap bekerja secara tuntas dan maksimal untuk memperoleh hasil terbaik, karena itu juga kepuasan bagi kami.
 
Oleh karena itu bapak dan ibu kepala sekolah seluruh Indonesia, kami berharap untuk bijaksana dalam mengambil keputusan terkait dengan keberadaan kami sebagai petugas pendataan pendidikan yang hasilnya telah sangat dibutuhkan dan diakui sebagai bajan pengambilan kebijakan oleh pemerintah pusat. Jangan memperlakukan kami, kita atau mereka dengan keputusan yang membuat kami sebagai orang yang tak berharga dan tidak berdaya, padahal kami telah sangat total dalam bekerja. Walau kami sangat sadar, bahwa kebijakan itu bisa diambil oleh pemberi yang berwenang kapan saja untuk diperpanjang tau dihentikan. Namun hal itu akan bisa diterima bila telah ada pembicaraan yang membuat kami mejadi lapang dada dan mungkin justru akan kami suport bila itu akan mendatangkan manfaat yang jauh lebih besar.
 
Kepada Bapak Mendikbud, kami mohon dengan sangat, untuk tidak lagi menerbitkan peraturan yang membuat kami menjadi pekerja yang terombang-ambing kan oleh kebijakan dikarenakan ketidak jelasan pijakan kami di lapangan. Berikan kepastian tugas kami operator pendataan itu sebagai tugas utama yang tercantum dalam jabatan, atau tugas temporary yang bisa dikerjakan cukup dengan asal saja tanpa dituntut berpikir dan bekerja dengan wawasan yang luas.
 
Mohon maaf atas segala yang kami sampaikan, semoga menjadi peningkatan wawasan untuk mengetahui seluk beluk pekerjaan ini dan memahami bahwa kami adalah pekerja profesional, bukanlah pekerja kasar atau musiman yang dengan semaunya saja ditepikan.
 
Salam hormat untuk seluruh kepala sekolah di Indonesia dan terima kasih atas pengertiannya.
 
Tertanda
Ketum FOPPSI
 
Salam FOPPSI!
KERJA KITA PRESTASI BANGSA

Administrator FOPPSI Kota Padang

One thought on “KAMI ADALAH PEKERJA PROFESIONAL, BUKANLAH PEKERJA KASAR ATAU MUSIMAN YANG DENGAN SEMAUNYA SAJA DITEPIKAN – KERJA KITA PRESTASI BANGSA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.